Selamat datang ...

Tara... Kali ini Anda sedang tersangkut di blogku... Ayoo berbagi cerita kawan...

Dibaca, dikomen dan tolong di follow iya...

Sebagai seekor BeBek lucu nan imut dengan otak segede upil amoeba, kali ini BeBek akan berusaha membahas semua perihal dari A hingga Z.

Terima kasih telah berkunjung...

Semoga tulisan anehku bisa bermanfaat dan mohon kritik serta sarannya kawan...

Prev Next

Penyakit Miskin Merajalela

Akhir-akhir ini aku sering banget boring setiap kali ngidupin TV, apalagi dengerin berita. Entah itu berita tentang kabar terkini di dunia, Indonesia sampai kabar terbaru seputar artis. Seakan-akan para wartawan sudah kehabisan topik aja untuk dibicarakan.

Dimulai dari Om Gayus yang gag henti-hentinya bikin sensasi, demo sana sini yang pengen Paman Nurdin Halid segera turun dari kursi kepemimpinan empuknya (kalo capek duduk juga bakal bangun kok, tapi sepertinya kursi tersebut sudah dibubuhi lem makanya gag bisa bangun), kisah duet terbaru Anang dan Ahmad Dhani Ashanty, film Holywood gag dikasih beredar di Indonesia sampai kasus susu formula yang tercemar bakteri.

Selama ini, aku merasa Indonesia sangat mudah terbawa isu-isu yang beredar di masyarakat. Dalam hal ini yang aku maksud adalah masyarakat Indonesia gampang dihebohkan oleh suatu hal sehingga hal lain yang lebih penting terkadang jadi terkaburkan. 

Misalkan saja kasus Bang Bajuri yang bertengkar dengan Onenk *lha? Maksudnya kasus Bank Century. Sampai sekarang tuh kasus kayaknya gantung aja kayak sarang laba-laba di pojokan kamar. Gag selesai-selesai dan sepertinya akan semakin terlupakan.

Ah, aku juga bukan praktisi hukum jadi gag begitu mengerti tentang kasus-kasus keadilan, hukuman penjara, pasal-pasal dan sidang pengadilan seperti apa. Jadi, sebagai orang awam yang cantik dan polos *setelah reinkarnasi 3 generasi, aku mah cuma bisa nunggu aja seperti apa gelindingan kasus itu selanjutnya.

Banyak sekali kasus di Indonesia yang masih belum ada penyelesaiannya dan terkesan terkatung-katung bahkan sudah beranak pinak alias menjamur alias berkembang semakin luas. Dalam hal ini BeBek nan lugu akan membahas salah satu diantaranya, yakni PENYAKIT MISKIN.

Siapa sih yang mau miskin? Hidup serba pas-pasan bahkan terkesan kurang. Ada sih orang-orang yang ngomong "Walaupun aku miskin harta, asal bisa hidup dengan kamu semua akan terasa bahagia."

Aku sih memandang hal tersebut sama sekali tidak rasional di zaman seperti ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang tuntutan hidup sangat amat besar. Mau makan aja susah, bahagia darimana? Saat kita miskin di segala bidang, hanya putus asa yang sepertinya akan kita hadapi.

Penyakit miskin disini, tidak hanya berupa miskin harta namun juga dapat berarti miskin hati dan karya, misalnya seperti ini :

1. MISKIN HARTA

Saat ini kemiskinan di Indonesia sudah semakin menjamur dan benar-benar menjadi penyakit serius di masyarakat. Banyak faktor yang melatar belakangi hal ini yang bahkan jika disebutkan satu per satu pun tidak akan ada habisnya. Aku pernah menjadi saksi bagaimana seorang anak kecil sudah dipaksa oleh orang tuanya untuk mencari nafkah. Percaya atau tidak saat itu aku benar-benar terharu sampai menangis *alasan aja sih karena aku memang cengeng. Miris aja melihat anak kecil yang seharusnya sedang asyik bermain ataupun sekolah sudah dipaksa mencari nafkah di jalanan.

Aku sih gag bisa menyalahkan sepenuhnya orang tua yang melakukan hal ini terhadap anaknya karena akan selalu ada pembenaran di balik perbuatan mereka ini.

Tuntutan hidup dan tidak adanya pilihan, mungkin kalimat tersebut pantas menggambarkan segalanya. Berjubel usaha dilakukan hanya untuk tetap membuat perut terisi makanan tiap harinya. Boro-boro mikirin beli baju bagus, up to date masalah teknologi, pergi sekolah ataupun punya tempat tinggal layak, bisa makan tiap hari aja udah bersyukur. Yah, semoga kasus miskin harta di Indonesia ini bisa dicarikan solusi terbaik.


2. MISKIN HATI

Penyakit yang satu ini, benar-benar sudah menjadi masalah yang serius di antara kehidupan kita. Di tengah tuntutan ekonomi yang makin menghimpit, tak jarang orang-orang melakukan seribu bahkan jutaan cara untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Mencuri, merampok, korupsi, nyari pesugihan dan terkadang bahkan tega membunuh korbannya dalam melancarkan aksi mereka. Gila! Seakan kehilangan akal sehat, mereka tidak lagi memperdulikan hak dan kepentingan orang lain. Pokoke bisa makan ajah!

Hari pertama mencuri hape milik tetangga...
Hari kedua mencuri motor saudara sendiri...
Hari ketiga mencuri mobil milik pak RT...
Hari keempat mencuri segala isi rumah tetangga yang kebetulan lagi ke luar kota..
Hari kelima mencuri emas di Puncak Monas...
Hari keenam mencuri Patung Liberty...
Hari ketujuh mendapatkan sertifikat PENCURI TERHANDAL DI DUNIA...


3. MISKIN KARYA

Untuk topik yang satu ini, aku akan lebih menekankan untuk para generasi muda di Indonesia.

Seperti yang kita ketahui sendiri, mencari pekerjaan di zaman seperti ini seperti mencari amoeba di tumpukan gajah. Susahnya amit-amit.

Punya gelar sampai sepanjang 5 kilometer di belakang nama kita pun tidak akan ada gunanya apabila kita tidak kreatif. Generasi muda zaman sekarang (termasuk aku) masih banyak yang terjangkit penyakit miskin karya. Kita selama ini hanya bisa berpikir bagaimana cara diterima di suatu perusahan, pabrik, instansi pemerintah atau yang lainnya, tanpa bisa berpikir "Bagaimana cara menciptakan lapangan kerja sendiri".

Seandainya pun kita sudah memiliki pemikiran tersebut, masih ada pemikiran lain yang sebenarnya menanti untuk dipecahkan "Lapangan kerja seperti apa yang akan dibuat dan bagaimana masa depan kerjaan tersebut?"

Lha? Kalo ditanya seperti ini khan bingung juga bakal jawab apa kalo memang dari awal kita tidak memikirkan matang-matang apa yang akan dilakukan. Membuat pekerjaan sendiri tidak hanya bermodalkan kemampuan dan biaya namun pikiran kreatif untuk mencari celah-celah baru yang bisa menjadi pilihan pertama di kehidupan. Belajar untuk tidak jadi sekedar follower alias penjiplak.

Harapanku sekarang sih, semoga saja Indonesia bisa sembuh dari ketiga penyakit ini. Aku ingin agar tahun 2012 gag kiamat *Halow, hubungannya apa Bek? 

Ada donk. Kalo kita bisa saling menghargai, menghormati,  kaya hati dan berpegang teguh pada kuasa Tuhan maka Tuhan pasti akan sayang dengan kita dan tidak akan membiarkan dunia ini dengan mudah musnah. Maaf teman, ini hanya pikiran gag jelas dari seekor bebek yang juga gag jelas   ^^

33 Responses so far.

  1. Gaphe says:

    kalo jomblo termasuk miskin hati nggak tuh?

    atau jangan-jangan masuk miskin jodoh? -_-"

  2. joe says:

    berarti kalau gayus termasuk miskin hati ya...

  3. kalo aku yg termasuk penyakit miskin adalah: panu, kurap, diare.. :p

    pemyakit kaya: kangker, tumor, strok.. :))

  4. NINDAAA says:

    yah negara kita benar2 dalam titik memprihatinkan

  5. ☺☺☺ says:

    paling ga ngenakin kalo miskin hati karena berdampak buruk jadi miskin harta dan karya :D

  6. Itik Bali says:

    Prihatin emang sama keadaan negeri ini
    masalah yang satu belum selesai udah ada masalah lainnya
    dan gak tahu kapan selesainya dan bisa diselesaikan atau ngga

  7. Masbro says:

    Indonesia sedang demam, butuh di kompres dengan karya2 anak bangsa (karya dari hati)..

  8. Mila Said says:

    Tumben postingan yang kali ini bermutu wkwkwkkkk....
    *ngumpet ah takut di timpuk sendal*

    Klo di baca2 semuanya saling berkaitan tuh. orang yang miskin harta kalau ga kuat iman jadinya miskin hati ya mencuri, merampok, dll itu. miskin harta bisa jadi karena tidak ada peluang untuk mendapatkan uang secara halal, pengangguran kepepet banyak juga yang akhirnya mencuri. Nah, kalau banyak orang yang memerangi miskin karya spt kata Bebek & menciptakan lapangan kerja sebanyak2nya, brarti kan turut memerangi miskin harta & miskin hati.
    Jadi Motor Pak RT aman deh, ga ada yg nyuri tul ga? tul ga?

  9. sebenarnya kalo dipikir2, indonesia sama sekali ngga miskin karya.. hanya penghargaan terhadap karya tsb yg masih sangat sangat miskin..

    atau, punya karya tp ngga berinovatif. bisa jadi kan..

  10. moenas says:

    semoga bangsa indonesia bisa lebih baik lagi ya dari penyakit2 diatas (amin)

  11. hanya says:

    kunjungan perdana neh, salam kenal yeah..

  12. mereka2 yg diatas lagi sibuk berbenah diri menjadi org paling kaya. sebagian berubah menjadi kaya (k) monyet
    sibuk berpolitik memperebutkan pisang

  13. Pemikirannya dewasa bgt si neng yg satu ini,, kpan2 kita bleh tukaran pikiran ya,, :)

  14. eL Ro says:

    yang penting ngga miskin hati dan ga mati ide untuk terus berkarya, salah satunya dengan terus mengasah pikiran...,, salah satu`nya dengan nge`blog...,, heheeee......,

  15. semoga aja ya Bek, kita enggak jdi seorang blogger yang miskin posting hehehe

  16. apikecil says:

    Wah, sepakat sama bang Lozz akbar
    menanggapi banyaknya kemiskinan yg merajalela di Indonesia
    kita jangan sampai miskin posting ya..
    hehehehe
    semoga sukses selalu buat si Bebek

  17. r10 says:

    nurdin halid masuk yang nomor 2 tuh, miskin hati. sudah tak punya malu mr nurdin halid itu -_-

  18. salam persahabatan
    artikelnya bagus kawan
    sukses selalu ya

  19. iam says:

    Begitulah Indonesia. Miskin udah mendarah daging. Kasus2 nggak pernah beres. Biasalah sama pemerintah dialihkan ke isu yang lain, biar nggak si usut >.<

  20. kirain miskin hanya miskin harta :D
    mantap tulisannya..
    LanjutGan

    Salam Kenal dari black dream

  21. ZuXuZ says:

    salam Kenalll Mbaakkkk

  22. saya berkunjung rutin... :3

  23. sob saya undang buat ikutan memeriahkan ultah blog saya. Ditunggu ikut sertanya :)

  24. archer says:

    alow bebek, memang banyak yang harus kita benahi ya di negeri ini ya terutama kemiskinan itu bek, kalo misalkan harga ikan asin naek nah siap2 bebek dipotong, mau? nah loh..

  25. WINTOP says:

    salam kenal ;)
    ada info menarik juga nih.
    pastikan mampir ke sini juga

  26. Gaphe says:

    aduh bek, mampir sini bolak balik masih miskin aja.. maksud saya, masih tentang kemiskinan aja nih. hahah, ayoo perbarui donk!

  27. yayack says:

    yang lebih di takutkan adalah miskin moral pejabat kita, sudah bukan rahasia umum lagi para petinggi negri sudah di kenal dengan budaya korupsi sampai ada mafia pajak, mafia hukum. Bener kata bimbo jika negri ini mau selamat sembuhkan dulu para elite yang sakit jiwa!

  28. f4dLy :) says:

    indonesia sebenarnya kaya tapi penduduknya menderita
    ayam mati di lumbung padi...mungkin itu ungkapannya...
    http://f4dlyfri3nds.blogspot.com

  29. ☺☺☺ says:

    yang penting kaya cintaaaaa ;D

  30. aziz says:

    agak OOT nih :D
    saya suka head'y.. gambarnya bsa kelap-kelip, cara bikinnya gmn tuh ? hihihi

Leave a Reply