Selamat datang ...

Tara... Kali ini Anda sedang tersangkut di blogku... Ayoo berbagi cerita kawan...

Dibaca, dikomen dan tolong di follow iya...

Sebagai seekor BeBek lucu nan imut dengan otak segede upil amoeba, kali ini BeBek akan berusaha membahas semua perihal dari A hingga Z.

Terima kasih telah berkunjung...

Semoga tulisan anehku bisa bermanfaat dan mohon kritik serta sarannya kawan...

Prev Next

Susahnya Mengatur Waktu

 Sudah seminggu aku menelantarkan kandangku. Kondisinya benar-benar sangat memprihatinkan. Banyak debu, lumutan, berkerak dan makin reyot. Maafkan aku blogku...

Sebenarnya, hal ini sudah dapat aku prediksikan dari awal. Saat membuat blog dulu, tepatnya 2 bulan lalu, aku sedang berada dalam masa-masa "Santai Serasa di Pantai". Liburan kuliah dan tidak ada kerjaan selain jadi babu di rumah sendiri. Banyak ide masuk ke otak dan semakin sering itu pula aku rajin 'membersihkan kandangku' dengan mengisinya hal-hal baru.


Tapi, kondisi saat ini memang benar-benar parah. Banyak orang yang menanyakan bagaimana kabar blogku. Dan aku hanya bisa tersenyum sedih ke mereka sambil ngomong "Hehe... Aku jarang update akhir-akhir ini."

Banyak pertanyaan muncul seperti :
Orang A : "Kok jarang update lagi? Kenapa? Udah bosen ngeblog?"

Orang B : "Kenapa tuh blog dan FB mu? Lumutan sampai berkerak, gag pernah dibersihin Buk?"
Orang C : "Kehabisan ide Bek? Kasian dech lu...!"

Orang D : "Idih..idih... awalnya aja semangat iya Mbak, toch sekarang mundur juga."

Pertanyaan di atas sebenarnya bikin sedih sekaligus memotivasi diriku sendiri.
Untuk orang A : "Aku gag bosen kok ngeblog, kenapa harus bosen saat kamu bisa mendapatkan hal yang baru dan mendapat banyak pelajaran tambahan dari sana?"

Untuk orang B : "Iya nih, jarang update lagi. Walau sebenarnya sangat amat kangen untuk sekedar buka blog, tapi apa daya karena harus mendahulukan sebuah hal."

Untuk orang C : "Kehabisan ide? Gag kok. Aku beruntung diberi anugerah oleh Tuhan mempunyai imajinasi yang terus mengalir. Mungkin saat ini masih menumpuk di otak, tapi aku yakin ada waktunya dimana aku bisa membaginya pada orang lain."

Untuk orang D : "Gag ada kata mundur selama jalan untuk maju masih terbuka lebar."

Terus, sebenarnya apa yang membuat aku sampai-sampai harus meninggalkan kandang dalam waktu yang cukup lama?
Jawaban : WAKTU

Aku sangat bersyukur bisa dikasih kehidupan oleh Tuhan dan diberikan kesempatan untuk menikmati waktu 24 jam setiap hari. Walaupun dulunya aku selalu marah-marah kenapa Tuhan hanya menciptakan 1 hari hanya 24 jam. Kenapa gag bisa kita atur sendiri aja tuch waktu, misalnya 10 jam sehari kalo aku lagi sama dosen killer atau 36 jam sehari kalo seharian aku diajak jalan-jalan ke Mall?

Kita sadari bersama, kalo waktu, sampai dunia kiamat pun akan tetap 24 jam dalam sehari. Dari jam 12 tengah malam, sampai jam 12 di tengah malam berikutnya. Yang harus dilakukan adalah, Bagaimana bisa membagi waktu tersebut sehingga jadi bermanfaat?

1. Tugas sebagai anak kuliahan bikin aku benar-benar hanya mendapat sedikit ruang gerak. Tugas numpuk, harus kerja kelompok lah, belajar buat kuis. Semuanya berhubungan dengan waktu. Jadi stress  sendiri dan gag henti-hentinya nyumpahin dosen yang ngasi tugas. Disumpahin kena penyakit kesemutan akut lah, bibirnya dower sampai doa hidup sengsara selamanya *bener-bener deh gue adalah mahasiswa yang perlu diberantas.

2. Saat waktu luang itu ada, rasa malas untuk melakukan sesuatu pasti akan selalu muncul. Alih-alih istirahat sebentar dan melupakan sejenak pekerjaan, sebenarnya sudah membuat aku melakukan kesalahan besar. AKU MENUNDA PEKERJAAN. Menumpuk semakin banyak dan pada akhirnya harus aku kerjakan dalam waktu yang tidak maksimal alias keteter. Buat tugas sampe dini hari, kurang tidur, kuliah dengan mata panda, saat pelajaran nguap terus sampai seluruh kelas ikut kesedot ke dalam mulut.

3. Untuk membuat sebuah prioritas dalam hidup, ternyata adalah sesuatu yang sangat berat aku lakukan. Mengganggap semua hal pasti bisa dikerjakan nantinya, aku terkadang gampang sekali mengubah suatu prioritas dalam sekejap. 
Misalkan : Bek, jam 6 sore kamu harus bisa menyelesaikan tugasmu. Jadi, selanjutnya kamu bisa belajar untuk mata kuliah besok!
Beberapa menit kemudian : Bek, berhubung ada acara bagus di tipi, gag apa-apa kok selesaiin tugasnya jam 8. Setelah itu khan kamu bisa lanjut buat tugas. Ngapain juga belajar buat mata kuliah besok? Gag penting!
Seketika itu, prioritas untuk membuat tugas berubah menjadi prioritas untuk nonton Feni Rose beraksi alias nonton berita gosip artis. Tsah...!

Penyakit ini sepertinya secara tidak sadar jadi tumor ganas dalam hidupku. Awalnya berkembang kecil, tapi lama kelamaan menjadi besar dan semakin membuat masalah. Dampak terbesar, benar-benar aku rasakan saat ini.


Sebagai, BeBek yang imut nan lugu aku memutuskan untuk berubah. Mulai sekarang, mulai detik ini. Walaupun hasil dari perubahan itu tidak bisa aku rasakan dalam waktu sekejap mata, toch aku bangga telah berusaha. Betul tiiddaaa?

Kapok dech kalo harus dihantui lagi sama mimpi buruk blog sendiri. Hiiii seyem!

1.  Jangan penah melakukan TALK MORE DO LESS!. Bibir komat kamit tujuh hari tujuh malam doain tuch dosen pun sebenarnya gag akan ada gunanya. Kalo emang mantranya berhasil sih mungkin aja dosennya kena diare pas sehari sebelum pengumpulan tugas trus tugasnya dikumpul minggu depan. Kalo mantranya gag berhasil dan malah balik ngasi banyak tugas? Mati lah awak. Intinya = KERJAKAN TUGASMU DAN GEMBOK MULUTMU! kuncinya buang ke selokan.

2. Berusaha tidak menunda pekerjaan. Ayolah Bek. Masalah ini adalah masalah terbesar dalam hidupmu. Berulang kali ingin mencoba berubah, secepat itu pula aku jatuh dan gag bangkit lagi. Gag mau khan jadi panda beneran tiap kuliah? Atau jadi kalong women tiap malam sambil berasa jadi satpam yang ngawasin anak kos lain yang lagi ngiler? Gag mau khan? Makanya ayoo berubah. Semangat!

3. Mulai hari ini, tetapkan apa yang jadi PRIORITAS mu. Berusaha untuk mengatakan 'tidak' pada para setan yang mencoba mengganggu iman. Misalnya Feni Rose (bukan berarti dia setan, hehehe...) Taklukkan waktu, kalahkan dia, habisi dia dengan hal bermanfaat. Seorang ahli mengatakan : 80% pencapaian datang dari 20% usaha, jadi berpikirlah strategis. Fokuslah pada usaha yang sekiranya mendapat pencapaian terbesar!


Dan kali ini, aku tidak hanya mempunyai tanggung jawab pada diriku sendiri. Tapi pada Tuhan,  diriku sendiri, orang tuaku, pacarku, orang sekelilingku, teman-temanku, tetangga, anjingku, nenek, kakek, eyang, buyut, dan lain-lain yang tidak bisa disebutkan, bahwa BeBek ingin berubah.

HARUS BERUBAH!!! Bantu saya teman-teman   ^^

14 Responses so far.

  1. tambahan dikit kalo boleh..gunain ilmu kodok "kalo pengen loncat ya loncat aja...artinya kalo ada yg mau di buang dari otak ya buang aja".. nah dari pada di buang sayang makanya buang dong kesini he3...


    happy blogging sob...

  2. atas ane cepet bener ngejar Pertamax... (0_0')

  3. hati2 loh, blog gampang kehilangan fans kalo ditelantarkan dalam waktu agak lama.. gpp, mulai sekarang posting sering2 yah

  4. hidup Bebek...!!! makmurkan dunia blog kembali hahaha

  5. Masbro says:

    Hmm, nggak ada waktu ngeblog, tapi kalo ada waktu bawaannya malah males? Hehehe.. Tapi masih semangat kan? Ayo semangat..!!!

    Semoga berubah menjadi tambah cantik, tambah baik, pokoknya yang bagus2 deh, hehe..

  6. mila says:

    Semangaaaat BeeeeKKKK !!! p(^o^)q
    aku jg pernah kog melalui masa2 sibuk bgt saat blog terbengkalai yg posting cm sekali sebulan, itu pun dipaksakan heheee...

  7. ☺☺☺ says:

    ayo bebek semangat! wajar kok kalo emang kurang waktu buat ngeblog. tapi sebisa mungkin posting aja bek. masalah blogwalking dan lainnya kan bisa nyusul. biar pembaca terobati rasa kangennya sama kamu ☺

  8. emang jadwal sebagai anak kuliahan ini membunuh.. :-S

  9. Memang rada sulit untuk membagi waktu palagi klo punya banyak kegiatan, tapi yang penting memang harus bisa mendahulukan yang lebih penting dari hal penting lainnya....

  10. Nyach says:

    Saya ngeblogg sebagai hiburan, gak harus terbebani target, hanya klo bisa saya usahakan dalam seminggu 2 kali nulis.

  11. mengatur waktu emang gk gampang

  12. em..... akhirnya di dengerin juga.....,
    ya cinta.... di jalanin aja...,
    kadang kebanyakan ngeluh gak selesai selesai....
    betek, kesel atau apa..., luapin aja di blog... gak ada yang larang...,

    Nah kalo dah ketemu aku.., aku siap muka buat di tonjok, rambut buat di jambak..., Buat kamu luapin kekesalan kamu bek... hehehehehehhe
    allways 4 u....

  13. yah mengatur waktu adalah hal yang tidak mudah. Lha, makanya kalau orang yang tidak bisa memanfaatkan waktu dengan baik termasuk kepada orang yang merugi .....

  14. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

Leave a Reply